1 |
Rumusan Pancasila sebagai dasar negara yang sah dan benar adalah rumusan yang tercantum dalam.... |
|
|
A |
Piagam Jakarta |
|
B |
Pembukaan UUD 1945 |
|
C |
Dekrit Presiden 5 Juli 1959 |
|
D |
Tap MPR No. XX/MPRS/ 1986 |
|
E |
Inpres No. 13 Tahun 1968 |
2 |
Perhatikan data berikut! 1) 1. Tidak dipaksakan dari luar, tapi dari masyarakat sendiri 2) 2. Atas nama idiologi dapat mengorbankan masyarakat 3) 3. Hasil konsensus dan musyawarah masyarakat 4) 4. Tidak diciptakan negara, tp digali dari masyarakat 5) 5. Tidak berpeluang adanya perubahan dalam masyarakat Berdasarkan data di atas, yang termasuk ciri idiologi terbuka ditunjukan pada nomor....
|
|
|
A |
1,2 dan 3 |
|
B |
1, 2 dan 5 |
|
C |
1, 3 dan 4 |
|
D |
2, 3 dan 4 |
|
E |
2, 3 dan 5 |
3 |
Salah satu contoh negara yang menganut idiologi terbuka adalah... |
|
|
A |
RRC |
|
B |
Cuba |
|
C |
Korea Utara |
|
D |
Indonesia |
|
E |
Vietnam |
4 |
Negara yang menganut ideologi tertutup adalah negara... . |
|
|
A |
Amerika Serikat |
|
B |
Inggris |
|
C |
Singapura |
|
D |
Korea Selatan |
|
E |
Rusia |
5 |
Pancasila dalam pelaksanaannya sebagai idiologi terbuka, artinya.... . |
|
|
A |
Pancasila tidak dapat diubah oleh siapapun, dari mulai perumusannya sampai akhir jaman |
|
B |
Pancasila digali dari nilai-nilai yang tumbuh dan berakar dalam msyarakat bangsa Indonesia |
|
C |
Pancasila dapat diganti kapan saja, sepanjang rakyat Indonesia menghendakinya untuk diganti |
|
D |
Pancasila dalam dimensi nilai dasar, fraksis maupun instrumental tidak mampu menyesuaikan jaman. |
|
E |
Nilai dasar dalam Pancasila bisa berubah kapan aja, mengikuti perubahan waktu dan bangsa Indones |
6 |
Perhatikan data berikut! Bersumber dari nilai-nilai riil bangsa Indonesia Perlu diimplementasikan dalam kehidupan masyarakat Mengandung cita-cita yang ingin dicapai dalam berbagai bidang Memiliki fleksibilitas/keluwesan berkembangnya pemikiran baru Diperlukan itikad baik pelaksana dan penyelenggara negara sehari-hari. Berdasarkan data tersebut yang termasuk tiga dimensi menurut Dr. Alfian ditunjukan pada nomor... . |
|
|
A |
1, 2 dan 3 |
|
B |
1, 2 dan 5 |
|
C |
1, 3 dan 4 |
|
D |
2, 3 dan 4 |
|
E |
2, 3 dan 5 |
7 |
Nilai yang terkandung dalam idiologi yang bersifat tetap, mengandung sifat universal dan tidak berubah dalam waktu yang lama adalah... |
|
|
A |
Nilai Praktis |
|
B |
Nilai Dasar |
|
C |
Nilai Fraksis |
|
D |
Nilai Instrumental |
|
E |
Nilai Utama |
8 |
Penjabaran lebih lanjut dari nilai-nilai dasar secara kreatif dan dinamis disebut nilai... |
|
|
A |
Nilai Praktis |
|
B |
Nilai Dasar |
|
C |
Nilai Fraksis |
|
D |
Nilai Instrumental |
|
E |
Nilai Utama |
9 |
Pancasila yang lahir bersamaan dengan lahirnya bangsa Indonesia merupakan Pancasila yang berkedudukan sebagai... |
|
|
A |
ideologi negara |
|
B |
pandangan hidup |
|
C |
dasar negara |
|
D |
kepribadian negara |
|
E |
cita-cita bangsa dan negara |
10 |
ASEAN merupakan organisasi di kawasan Asia Tenggara, yang merupakan bentuk kerja sama.... |
|
|
A |
multilateral |
|
B |
bilateral |
|
C |
unilateral |
|
D |
rasial |
|
E |
regional |
11 |
Pada dasarnya perwakilan diplomatik dan perwakilan konsuler di luar negeri dalam menjalankan tugasnya memiliki kekebalan diplomatik. Hal ini menunjukkan bahwa pentingnya kekebalan diplomatik bagi korps perwakilan diplomatik dan perwakilan konsuler diluar negeri .... |
|
|
A |
untuk menjamin pelaksanaan tugas negara yang diwakili |
|
B |
eksistensi dan profesionalitas keberadaan negara di luar negeri |
|
C |
perwakilan diplomatik merupakan keberadaan negara di luar negeri |
|
D |
menjamin keselamatan para pejabat kementerian negara di luar negeri |
|
E |
menunjukan negara pada dasarnya keberadaannya mutlak di luar negeri |
12 |
Dalam tata pergaulan internasional, menjadi anggota dari suatu organisasi internasional menjadi kebutuhan bagi suatu negara. Bagi Bangsa Indonesia pentingnya menjadi anggota dari suatu organisasi internasional adalah agar bangsa Indonesia .... |
|
|
A |
tidak terisolasi dalam pergaulan bangsa-bangsa di dunia |
|
B |
menjadi negara yang disegani dalam hubungan internasional |
|
C |
dapat mengembangkaan kerjasama hanya pada negara maju |
|
D |
mampu menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia negara maju |
|
E |
dapat menumbuhkan pentingnya kerjasama dengan negara maju |
13 |
Dalam sejarah perjalanan Indonesia, setelah kemerdekaan banyak catatan yang menunjukkan bahwa Indonesia berperan aktif dalam menjaga perdamaian dunia baik secara langsung maupun tidak langsung. Coba analisa Peranan Indonesia dalam perdamaian dunia merupakan bukti ikut sertanya Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia. Hal ini sesuai dengan pembukaan UUD 1945 pada alinea ke empat …. |
|
|
A |
Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia |
|
B |
Mencerdaskan kehidupan bangsa |
|
C |
Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial |
|
D |
Menjadi warga dunia |
|
E |
Kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa |
14 |
Peran Indonesia dalam perdamaian dunia menjadi bukti dari penerapan Pembukaan UUD1945 pada alinea keempat. Indonesia bahkan sudah menunjukkan komitmennya sebagai negara yang menjunjung tinggi perdamaian dunia sejak merdeka tahun 1945 yaitu dengan melaksanakan …. |
|
|
A |
Menyelesaikan perselisihan antara Indonesia dan Malaysia melalui Mahkamah Internasional |
|
B |
Memilih keluar dari PBB saat berkonfrontasi dengan Malaysia |
|
C |
Mengirim bantuan ke Etiopia yang dilanda kelaparan |
|
D |
Indonesia mulai bergabung dalam misi-misi perdamaian di bawah naungan PBB |
|
E |
Menyelenggarakan referendum di Filiphina |
15 |
Secara teoritis dikenal ada tiga jenis perlindungan kerja yaitu sebagai berikut: 1. Jenis Perlindungan Sosial Tenaga Kerj 2. Jenis Perlindungan Teknis Tenaga Kerja. 3. Jenis Perlindungan Ekonomi Tenaga Kerja Dari ketiga jenis tersebut yang merupakan perlindungan sosial tenaga kerja …. |
|
|
A |
Perlindungan sosial adalah suatu perlindungan tenaga kerja yang berkaitan dengan usah kemasyarakatan |
|
B |
Jenis perlindungan tenaga kerja yang berkaitan dengan usaha-usaha untuk menjaga agar tenaga kerja terhindar dari bahaya kecelakaan yang ditimbulkan oleh alat-alat kerja atau bahan yang dikerjakan |
|
C |
Pengaturan keselamatan kerja di dalam perusahaannya akan dapat mengurangi terjadinya kecelakaan yang dapat mengakibatkan pengusaha harus memberikan jaminan sosial |
|
D |
Memberdayakan dan mendayagunakan tenaga kerja secara optimal dan manusiawi. |
|
E |
Memberikan perlindungan kepada tenaga kerja dalam mewujudkan kesejahteraan dan meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja dan keluarganya. |
16 |
Untuk menjamin hak-hal diatas pekerja dan menjamin kesamaan serta perlakuan tanpa deskriminasi atas dasar apapun untuk mewujudkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya dengan tetap memperhatikan perkembangan kemajuan dunia usaha dan kepentingan pengusaha merupakan … |
|
|
A |
Dasar perlindungan tenaga kerja |
|
B |
Perlindungan tenaga kerja |
|
C |
Obyek perlindungan tenaga kerja |
|
D |
Tujuan tenaga kerja |
|
E |
Jaminan tenaga kerja |
17 |
Perlindungan sosial adalah upaya yang diarahkan untuk mencegah dan menangani risiko dari guncangan dan kerentaan sosial seseorang, keluarga, kelompok, dan/atau masyarakat agar kelangsungan hidupnya dapat dipenuhi sesuai dengan kebutuhan dasar merupakan ….. |
|
|
A |
Obyek perlindungan tenaga kerja |
|
B |
Jenis perlindungan tenaga kerja |
|
C |
Perbedaan perlindungan sosial dengan perlindungan ekonomi |
|
D |
Memberdayakan dan mendayagunakan tenaga kerja secara optimal dan manusiawi |
|
E |
mewujudkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya |
18 |
Seseorang yang memiliki etos kerja akan terlihat pada sikap dan tingkah laku dalam bekerja. Bagaimana ciri etos kerja pada diri seseorang …. |
|
|
A |
Merangkul lingkungan kerja sebagai mitra kerja |
|
B |
Memandang lingkungan kerja sebagai sahabat |
|
C |
Membentuk pribadi yang bertanggung jawab |
|
D |
Memiliki kejujuran, kuat pendirian, moralitas yang bersih dan berkomitmen |
|
E |
Menjadi orang yang terpandang dalam masyarakat |
19 |
Setiap manusia diwajibkan untuk melakukan usaha dan berprilaku baik. Untuk usaha yang dilakukan haruslah sungguh-sungguh dengan niat yang iklas. Berilah contoh etos kerja da kehidupan sehari-hari …. |
|
|
A |
Bekerja sesuai dengan kemampuan masing-masing |
|
B |
Harus bermanfaat untuk orang lain |
|
C |
Harus bisa menjadi orang sukses |
|
D |
Menjadikan kebutuhan dan tuntutan hidup |
|
E |
Bertanggung jawab dengan pekerjaannya |
20 |
Sengketa Internasional adalah perselisihan yang terjadi antara negera dengan negara, negara dengan individu-individu, atau negara degan badan-badan/lembaga yang menjadi subjek hukum Internasional. Bagaimana menurut anda cara menyelesaian perselisian Internasional yang baik …. |
|
|
A |
Perang terbuka supaya tahu siapa Negara yang paling kuat |
|
B |
Mengala demi perdamaian dunia |
|
C |
Melakukan diplomasi agar tercipta suasana damai antar Negara yang bersengketa |
|
D |
Melaporkan ke PBB |
|
E |
Meminta bantuan Negara sekutu kita untuk menyerang demi harga diri bangsa |
21 |
Dalam hubungan antar bangsa yang berdasarkan hukum internasional diperlukan adanya ketersediaan masing-masing untuk memberikan informasi secara jujur dan dilandasi rasa keadilan. Sehingga masing-masing pihak mengetahui secara jelas manfaat, hak, serta kewajiban dalam menjalin hubungan internasional. Bagaimana menurut anda pernyataan tersebut merupakan bagian dari …. |
|
|
A |
Asas Kebangsaan |
|
B |
Asas Kepentingan Umum |
|
C |
Asas Persamaan Derajat |
|
D |
Asas Keterbukaan |
|
E |
Asas Teritorial |
22 |
Sumber Hukum Internasional dalam arti Formal merupakan sumber Hukum Internasional yang paling Utama dan memiliki Otoritas tertinggi serta otentik yang dapat dipergunakan oleh Mahkamah Internasional di dalam memutuskan suatu sengketa internasional sebagaimana tercantum dalam Pasal 38 ayat 1 Statuta Mahkamah Internasional, yaitu sebagai berikut : ….. |
|
|
A |
Asas Kebangsaan |
|
B |
Asas Kepentingan Umum |
|
C |
Asas Persamaan Derajat |
|
D |
Asas Keterbukaan |
|
E |
Perjanjian Internasional ( Traktat ) |
23 |
Indonesia adalah negara yang berbhinneka sehingga sangat rentan terjadinya perpecahan dan konflik horizontal antar warganya, hal ini disebabkan Indonesia memiliki keberagaman suku, etnik, budaya agama serta karakteristik dan keunikan. Namun demikian memiliki wilayah dan sumber daya alam yang melimpah ruah, sebagai modal pembangunan bangsa”. Agar kebhinekaan itu tidak menimbulkan perpecahan maka diperlukan sikap dan perilaku yaitu.... |
|
|
A |
menghargai kekayaan bangsa Indonesia yang tidak dimiliki bangsa lain. |
|
B |
menghargai perbedaan sebagai suatu rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa |
|
C |
membanggakan bangsa Indonesia yang memiliki kebudayaan yang berbeda – beda. |
|
D |
membanggakan suku bangsa yang memiliki keanekaragaman budaya dan kekayaan yang melimpah. |
|
E |
mengagungkan bangsa dan negara Indonesia dan merendahkan bangsa lain karena tidak memiliki kebhinnekaan sebagaimana yang kita miliki |
24 |
Kebhinekaan yang ada pada diri bangsa Indonesia merupakan potensi sekaligus tantangan, kebhinekaan sebagai potensi terbukti secara nyata dapat menjadi perekat atau patri bagi bangsa Indonesia sejak tumbuhya kesadaran kehidupan berbangsa dan bernegara. Keberagaman yang dimiliki juga dapat menimbulkan perpecahan. Sikap penghargaan terhadap kebinnekaan sangat penting dalam menjaga integrasi nasional, karena…. |
|
|
A |
bersatu kita teguh, bercera kita runtuh |
|
B |
Bhineka Tunggal Ika merupakan semboyan negara Indonesia |
|
C |
kebhinnekaan/keberagaman yang ada dapat mewujudkan persatuan dan kesatuan Indonesia |
|
D |
Negara Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam |
|
E |
saling menghargai sesama manusia dapat membuat suasana menjadi aman |
25 |
Pada saat ini, kita sering mendengar atau melihat berita tentang terjadi perselisiha antarwarga kampung yang disebabkan oleh hal-hal sepele. Kejadian tersebut tidak jarang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa. Kasus tersebut sebenarnya dapat dihindari, apabila seluruh anggota masyarakat menampilkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, diantaranya adalah .… |
|
|
A |
saling menghargai dan menghormati dengan warga yang tinggal di sekitar rumah |
|
B |
berperan aktif dalam kegiatan pengamanan lingkungan di sekitar tempat tinggal |
|
C |
bersikap terbuka terhadap perubahan dan pemikiran orang lain yang berbeda |
|
D |
saling menghormati dan bersikap toleran terhadap perbedaan yang terjadi |
|
E |
menghargai perbedaan pendapat dengan orang lain ketika bermusyawarah |
26 |
Ancaman yang berdimensi politik yang bersumber dari dalam negeri dapat berupa penggunaan kekuatan berupa pengerahan masa untuk menumbangkan suatu pemerintah yang berkuasa atau menggalang kekuatan politik untuk kekuasaan pemerintah. Berilah contoh ancaman intergrasi nasional dalam bidang politik …. |
|
|
A |
konflek antar daerah dalam satu wilayah |
|
B |
pembagian sembako dalam masyarakat yang kurang merata |
|
C |
adanya profokasi dalam masyarakat tertentu yang dilakukan terhadap kelompok masyarakat lain |
|
D |
maraknya kebudayaan dan paham baru dari luar negeri |
|
E |
penyerangan batas wilayah Negara |
27 |
Salah satu bidang kehidupan yang semakin berubah, terutama dengan adanya adanya globalisasi adalah bidang budaya. Adanya perubahan tersebut dapat menjadi ancaman bagi bangsa Indonesia. Bagaimana analisamu tentang strategi mengatasi ancaman dalam bidang budaya ….. |
|
|
A |
memelihara keselarasan dan keseimbangan fundamental |
|
B |
meningkatkan kwantitas kearifan budaya lokal |
|
C |
menjaga jarak demi budaya kita |
|
D |
mempertankan budaya sendiri tanpa mengijinkan budaya lain masuk |
|
E |
menerima segala macam budaya yang masuk demi memperkaya budaya nasional |
28 |
Pancasila adalah sumber nilai yang patut diteladani dalam kehidupan sehari-hari, Tindakan dibawah ini tidak patut dilaksanakan karena bertentangan dengan sila ketiga Pancasila yang akan menggoyahkan persatuan dan kesatuan bangsa …. |
|
|
A |
membangun akses bagi suku pedalaman yang selama ini kurang perhatian |
|
B |
bergabung dalam partai oposisi yang tidak masuk dalam struktur cabinet |
|
C |
meniadakan kemajemukan dalam masyarakat demi persatuan |
|
D |
memprotes kebijakan pemerintah yang tidak sesuai dengan aspirasi rakyat |
|
E |
mengembangkan hubungan dengan kelompok minoritas |
29 |
Keanekaragaman yang di miliki bangsa Indonesia tidak menjadikan kitabercerai-berai, namun justru merupakan potensi untuk mengembangkan menjadi bangsa yang besar. Hal ini dapat terwujud apabila setiap warga negara menampilkan sikap atau perilaku warga negara yang dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, seperti sikap toleransi dan tenggang rasa antaragama, antarsuku, antar golongan dan antarbangsa. Salah satu arti penting sikap yang menunjang terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa adalah …. |
|
|
A |
memperkuat posisi kebudayaan daerah di atas kebudayaan nasional untuk menunjang kemajuan negara |
|
B |
meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap suku atau daerahnya melebihi kecintaannya kepada negara |
|
C |
memperkuat kedudukan pemerintah pusat dalam mengatur kedudukan atas pemerintah daerah |
|
D |
memperkuat kedudukan bahasa daerah sebagai salah satu simbol persatuan dan kesatuan bangsa |
|
E |
menjadikan perbedaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai faktor penunjang keberhasilan pembangunan |
30 |
Indonesia adalah negara dengan keberagaman suku, etnik, budaya, agama serta karakteristik dan keunikan di setiap wilayahnya. Pada dasarnya keberagaman masyarakat Indonesia menjadi modal dasar dalam pembangunan bangsa. Oleh karena itu, sangat diperlukan sikap atau perilaku warga negara yang dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, seperti sikap saling menghargai dan menghormati. Berdasarkan ilustrasi, salah satu arti penting sikap/perilaku yang menunjang terciptanya kondisi tersebut adalah untuk…. |
|
|
A |
memperkuat posisi kebudayaan daerah di atas kebudayaan nasional |
|
B |
memperkecil segala hal yang berpotensi menimbulkan konflik di masyarakat |
|
C |
memperkuat kedudukan pemerintah pusat sebagai pemegang kedaulatan rakyat |
|
D |
memperkuat kedudukan bahasa daerah sebagai salah satu simbol persatuan |
|
E |
memperkuat keberagaman budaya yang berBhinneka Tunggal Ika untuk persatuan dan kesatuan bangsa demi kehidupan berbangsa dan bernegara |
31 |
Persatuan dan kesatuan memiliki makna tersendiri bagi bangsa Indonesia.Kesatuan bangsa Indonesia terjadi dalam proses yang dinamis dan berlangsung lama,karena persatuan dan kesatuan bangsa terbentuk dari proses yang tumbuh dari unsur-unsur sosial budaya masyarakat Indonesia sendiri yang di tempa dalam jangkauan waktu yang lama. Bagaimana analisamu tentang makna penting di dalam persatuan dan kesatuan bangsa …. |
|
|
A |
rasa persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi antara satu sama lain |
|
B |
menjamin rasa kemanusiaan dan tingginya sikap saling toleransi serta keharmonisan untuk hidup secara berdampingan untuk sukunya sendiri |
|
C |
menjamin persahabatan antar kelompoknya sendiri demi mewujudkan persatuan suku bangsanya |
|
D |
menjadikan suku, ras dan budaya menjadi bagian dari kehidupan kelompok |
|
E |
menjamin kelangsungan budaya setempat demi terciptanya kebanggaan daerahnya |
32 |
Banyak faktor yang bisa di jadikan pendorong bagi persatuan dan kesatuan bangsa antara lain: faktor sejarah yang menimbulkan rasa senasib seperjuangn, keinginan bersatu, rasa cinta tanah air, rela berkorban. Dari pernyataan tersebut bagaimana sikap kita dalam menyikapi keadaan masa sekarang …. |
|
|
A |
mengikuti segala kemajuan sosial budaya demi mengikuti perkembangan jaman |
|
B |
menempatkan persatuan dan kesatuan diatas kepentingan pribadi dan golongan |
|
C |
menerima segala kemajuan Iptek untuk meningkatkan kepandaian dan kecerdasan individu |
|
D |
menerima segala bentuk perubahan asal menguntukan kelompok |
|
E |
menempatkan budaya sendiri tanpa memperhatian budaya daerah lain demi kearifan budaya nasional |
33 |
Tujuan dari organisasi Perserikatan Bangsa-bangsa adalah.... |
|
|
A |
memelihara perdamiaan |
|
B |
menyelidiki tiap-tiap persengketaan |
|
C |
membuat rekomendasi mengenai asas-asas |
|
D |
mempelopori penyelidikan-penyelidikan |
|
E |
membuat rekomendasi atas penyelesaian |
34 |
Tingkat tertinggi dalam perwakilan diplomatik yang mempunyai kekuasaan penuh dan luar biasa disebut.... |
|
|
A |
ambassador |
|
B |
duta |
|
C |
menteri residen |
|
D |
kuasa usaha |
|
E |
atase-atase |
35 |
Negara yang bukan pendiri ASEAN adalah.... |
|
|
A |
Filipina |
|
B |
Indonesia |
|
C |
Myanmar |
|
D |
Malaysia |
|
E |
Singapura |
36 |
Pengorganaan atau perwujudan dari hubungan dan kerja sama antarnegara, baik secara regional maupun internasional adalah pengertian.... |
|
|
A |
organisasi politik |
|
B |
organisasi bilateral |
|
C |
organisasi nasional |
|
D |
organisasi negara-negara |
|
E |
organisasi internasional |
37 |
Brunei Darussalam bergabung menjadi anggota ASEAN pada tanggal.... |
|
|
A |
8 Januari 1884 |
|
B |
9 Januari 1980 |
|
C |
8 Januari 1980 |
|
D |
23 Januari 1897 |
|
E |
7 Januari 1984 |
38 |
Negara yang merdeka, berdaulat, dan tidak merupakan bagian suatu negara, pengertian dari.... |
|
|
A |
negara |
|
B |
tahta suci |
|
C |
individu |
|
D |
organisasi internasional |
|
E |
palang merah Indonesia |
39 |
Perjanjian internasional yang dapat dianggap sebagai sumber hukum internasional adalah.... |
|
|
A |
kebiasaan internasional |
|
B |
piagam mahmakah internasional |
|
C |
law making treaty dan treaty contracts |
|
D |
the pequette habana and the lola |
|
E |
keputusan pengadilan |
40 |
Menurut pasal 38 Piagam Mahmakah Internasional, yang dimaksud dengan kebiasaan internasional adalah... |
|
|
A |
kebiasaan internasional |
|
B |
piagam mahkamah internasional |
|
C |
kebiasaan yang diterima sebagai hukum internasional |
|
D |
law making treaty dan treaty contract |
|
E |
the pequette habana and the Lola |
41 |
Perbedaan hukum internasional dan hukum nasional ditinjau dari ruang lingkup berlakunya adalah hukum internasional.... |
|
|
A |
dibuat oleh wakil-wakil negara sedangkan hukum nasional dibuat oleh wakil rakyat |
|
B |
berlaku di seluruh dunia sedangkan hukum nasional berlaku di suatu negara |
|
C |
berlakunya sepanjang masa sedangka hukum nasional dibuat berdasarkan akal sehat |
|
D |
dibuat dengan keinginan rakyat, sedangkan hukum nasional dibuat berdasarkan akal sehat |
|
E |
terdiri atas sekumpulan asas-asas, sedangkan hukum nasional merupakan sekumpulan peraturan |
42 |
Struktur organisasi dalam lembaga peradilan yang bertanggung jawab dalam masalah-masalah administrasi dan pelayanan bagi mahkamah, yaitu... |
|
|
A |
mahkamah |
|
B |
jaksa penuntut |
|
C |
kepaniteraan |
|
D |
pelaksanaan putusan |
|
E |
jaksa |
43 |
Sesuatu yang menyebabkan perbedaan pendapat, pertengkaran, atau perselisihan di antara anggota masyarakat internasional, baik negara, organisasi internasional, maupun individu adalah pengertian... |
|
|
A |
sebab sengketa internasional |
|
B |
masalah internasional |
|
C |
sengketa internasional |
|
D |
cara menyelesaikan masalah internasional |
|
E |
mahmakah internasional |
44 |
Tujuan hukum internasional adalah... |
|
|
A |
upaya penyelesaian masalah-masalah internasional sedini mungkin dengan cara seadil-adilnya bagi pihak-pihak yang terlibat |
|
B |
sesuatu yang menyebabkan perbedan pendapat, pertengkaran, atau perselisihan di antara masyarakat internasional, baik negara, maupun organisasi internasional |
|
C |
memberikan pendapat-pendapat yang tidak mengikat |
|
D |
tindakan yang diambil mahkamah untuk melindungi hak-hak dan kepentingan pihak sengketa sambil menunggu keputusan dasar |
|
E |
tindakan yang diambil mahkamah untuk melindungi hak-hak dan kepentingan pihak sengketa sambil menunggu keputusan dasar |
45 |
Di bawah ini yang bukan merupakan sengketa internasional adalah... |
|
|
A |
negara dan pemerintah |
|
B |
negara dan negara |
|
C |
negara dengan individu |
|
D |
negara dengan korporasi asing |
|
E |
negara dengan kesatuan kenegaraan |
46 |
Suatu cara penyelesaian damai sengketa internasional oleh suatu organisasi yang dibentuk sebelumnya disebut.... |
|
|
A |
angket |
|
B |
koalisi |
|
C |
konsiliasi |
|
D |
diplomatik |
|
E |
mediasi |
47 |
Yang tidak termasuk isi pasal 38 Piagam Mahkamah Internasional adalah … |
|
|
A |
Konvensi atau perjanjian internasional (traktat/treaty). |
|
B |
Kebiasaan internasional yang terbukti dalam praktik umum dan diterima sebagai hukum |
|
C |
Keputusan hakim dan peradilan internasional, serta ajaran-ajaran para pakar hukum dari berbagai negara sebagai sarana pelengkap/tambahan untuk menetapkan ketentuan hukum |
|
D |
Pendapat-pendapat para ahli hukum terkemuka |
|
E |
Terserah presidennya |
48 |
Yang termasuk sumber-sumber hukum internasional adalah… |
|
|
A |
Perjanjian internasional |
|
B |
Kebiasaan internasional |
|
C |
Prinsip-prinsip hukum |
|
D |
Keputusan pengadilan |
|
E |
Betul semua |
49 |
Sebagai sponsor bagi berbagai perundingan perdamaian antarnegara yang sedang dilanda konflik, yaitu peranan organisasi.... |
|
|
A |
PBB |
|
B |
Mahkamah Internasional |
|
C |
sekretariat |
|
D |
dewan ekonomi |
|
E |
dewan keamanan PBB |
50 |
Tahap-tahap dalam perjanjian internasional adalah..... |
|
|
A |
negoisasi, ratifikasi, dan realisasi |
|
B |
negoisasi, persetujuan, dan ratifikai |
|
C |
proses verbal, persetujuan, dan ratifikai |
|
D |
negoisasi, penandatanganan, dan ratifikasi |
|
E |
pertukaran nota, persetujuan, dan ratifikasi |
Home » XI PKN GENAP K13 REV 2017
Subscribe to:
Posts (Atom)
0 Response to "XI PKN GENAP K13 REV 2017 "
Post a Comment